Laman

Selasa, 02 April 2013

Ingin Sekali Indonesia Tampil di Piala Asia 2015

Tim nasional Indonesia kini telah bersatu. Walaupun di TV banyak berita bersatunya Timnas kali ini mengembalikan mafia ke tubuh PSSI, terus terang saya pribadi tidak begitu peduli. Jika memang benar para mafia kembali biarlah Sang Ilahi yang menghukum mereka, sekalian dihukum bareng koruptor juga. Yang penting bagi saya, Indonesia kembali diisi pemain-pemain terbaiknya. Penting kan itu?
Nah kompetisi yang sedang dijalani indonesia yaitu Kualifikasi Piala Asia 2015. Indonesia tergabung di Grup C bersama Irak, Cina, dan Arab Saudi. Grup itu pun dijuluki sebagai "grup neraka" karena diisi tim-tim terbaik Asia (termasuk Indonesia dong.. :D). Di dua pertandingan awal, Indonesia mengalami kekalahan. Pertandingan pertama, tanggal 6 Februari 2013 di kota Dubai, di mana Timnas Indonesia belum diisi pemain-pemain terbaik, Indonesia kalah 1-0 dari Irak. Dan di pertandingan kedua, tanggal 22 Maret 2013 di Jakarta, ketika Indonesia akhirnya diisi pemain-pemain terbaik, ya walaupun persiapan tim hanya kurang dari satu minggu, juga kalah dari raksasa Asia, Arab Saudi, dengan skor 1-2.

Masyarakat Indonesia itu majemuk. Sampai-sampai pemikirannya pun juga majemuk. Ada yang pesimis Indonesia masih bisa lolos, tapi masih banyak juga yang optimis. Kalo dilihat dari format babak kualifikasi ini, saya pribadi sih masih optimis Indonesia bisa lolos. 

Jadi begini, di babak kualifikasi ini, ada lima grup. Masing-masing grup diisi empat tim. Nah dua tim teratas dari masing-masing grup bakal lolos otomatis ke Piala Asia 2015 di Australia. Kalo diliat di Grup C, kayanya memang sulit bagi Indonesia menempati peringkat 1 dan 2. Karena lawan-lawan Indonesia di grup ini berat semua. Bisa-bisa dua tim yang lolos dari grup ini antara Arab Saudi, Cina, atau Irak. 

Kalo saya pribadi sih memprediksi peringkat satu bakal diraih Arab Saudi karena sekarang saja mereka sudah mengumpulkan 6 poin dari dua kemenangan atas Cina dan Indonesia. Di sisi lain Cina sudah mengumpulkan 3 poin berkat kekalahan lawan Arab Saudi dan kemenangan atas Irak. Irak pun juga sudah punya 3 poin berkat kemenangan lawan Indonesia dan kekalahan dari Cina. Nah kalau Indonesia ingin lolos Indonesia harus mengincar posisi peringkat 2. Caranya Indonesia harus menang dulu di pertandingan ketiga nanti lawan Cina di Jakarta tanggal 15 Oktober 2013 nanti. Kalau menang, kemungkinan lolos masih terbuka. Dengan kekuatan penuh dari pemain-pemain terbaik dan dukungan suporter di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), saya berharap Indonesia bisa mengatasi Cina, sambil berharap Irak kalah lawan Arab Saudi. Seandainya kejadiannya begitu, Indonesia, Cina, dan Irak bakal punya poin sama yaitu 3. Dan biar aja Arab Saudi melenggang menguasai peringkat pertama dengan poin sempurna. Nah di pertandingan keempat ini yang berat. Karena Indonesia kembali menghadapi Cina dan mainnya di Cina. Berharap saja Indonesia bisa mengatasi Cina di sana dengan tim yang sudah matang. Di pertandingan kelima, Indonesia akan kembali menghadapi Irak di GBK. Walaupun Irak punya kenangan manis di GBK, karena di sinilah mereka mengangkat trofi Piala Asia 2007, namun saya optimis Indonesia bisa mengatasi mereka. Alasan saya bisa optimis yaitu di pertemuan pertama saat Irak berlaku sebagai tuan rumah Irak hanya menang 1-0 lawan kita. Padahal saat itu Indonesia belum diperkuat pemain-pemain terbaik akibat dualisme PSSI. Nah di pertemuan kedua nanti kemungkinan kita bisa mengatasi mereka karena Indonesia bakal tampil di GBK dan sudah diperkuat pemain-pemain terbaiknya. Di pertandingan terakhir Indonesia harus menghadapi Arab Saudi di kandangnya. Di sinilah kita tinggal berpasrah, realistis gitulah, tapi tentu harus tetap semangat. Jika harapan-harapan saya itu terwujud, insya Allah Indonesia bisa menempati peringkat 2 dan lolos ke Australia.

Kadang apa yang kita harapkan belum tentu akan terwujud. Jika Indonesia gagal menempati peringkat ke-2, saya tetap optimis! Karena ada satu celah lagi jika ingin mendapat tiket tampil di Australia 2015. Celah itu adalah peringkat 3! Ya, peringkat ke-3 terbaik dari seluruh grup babak kualifikasi ini juga akan lolos ke Piala Asia 2015. Saya berharap kalau Indonesia gagal menempati peringkat 2, Indonesia bisa menempati peringkat ke-3 dan catatan poin maupun produktifitas golnya mengalahkan tim-tim peringkat 3 dari empat grup lainnya.

Semoga saja harapan-harapan saya ini menjadi kenyataan dan kita bisa menyaksikan Indonesia tampil di Piala Asia 2015 di Australia nanti. Setelah kita gagal tampil di Piala Asia 2011 di Qatar kemarin tentu kita rindu ingin sekali menyaksikan Indonesia tampil di turnamen tertinggi di kawasan Asia tersebut.

Berikut jadwal lengkap pertandingan-pertandingan berikutnya di Grup C Kualifikasi Piala Asia 2015.

  • 15 Oktober 2013: Indonesia vs Cina, Irak vs Arab Saudi
  • 15 November 2013: Cina vs Indonesia, Arab Saudi vs Irak
  • 19 November 2013: Indonesia vs Irak, Cina vs Arab Saudi
  • 5 Maret 2014: Irak vs Cina, Arab Saudi vs Indonesia


Akhir kata, Wassalam.

Bekasi, 02/04/13

Tidak ada komentar: